Denah Rumah Sederhana 3 Kamar Tidur

 


Bagaimana cara merancang denah rumah sederhana 3 kamar tidur? Bagi Anda yang berhasrat membangun rumah sederhana 3 kamar tidur, tentu kehadiran denah sangatlah diperlukan. Denah memiliki peran sangat besar dalam proses rancang bangun sebuah rumah. Dalam denah akan terpetakan di mana saja posisi ruang-ruang yang seharusnya terdapat dalam rumah.

Denah sederhana 3 kamar tidur juga merupakan panduan agar pembangunan rumah sederhana 3 kamar tidur tidak melenceng dari rencana awal yang telah Anda tetapkan. Denah juga berguna sebagai sumber informasi ihwal bahan/material bangunan yang dibutuhkan, sehingga anggaran pembangunan rumah bisa diestimasikan.

Gagasan Denah Rumah sederhana 3 kamar Tidur

Ada banyak contoh denah rumah sederhana 3 kamar tidur yang bisa Anda contoh. Anda bisa mendapatkannya di internet atau majalah khusus desain interior. Namun, jika Anda ingin merancang sendiri, Anda mungkin membutuhkan bantuan seorang ahli untuk membuat denah. Atau, jika mau, Anda bisa menuangkan ide atau gagasan Anda pada sebuah sketsa kasar rumah sederhana 3 kamar tidur,  lalu menyerahkannya pada seorang ahli untuk diubah menjadi denah rumah sederhana 3 kamar tidur yang lebih akurat.
Denah rumah sederhana 3 kamar tidur perlu dibuat oleh seorang yang memahami masalah rancang bangun rumah, karena denah merupakan sumber informasi berbagai hal. Selain bermanfaat untuk mengestimasikan bahan-bahan material bangunan, pada denah juga tertera luas seluruh ruangan, jumlah ruangan, posisi ruangan, pintu, jendela, dan sebagainya, lengkap dengan ukurannya.

Pada denah juga tercantum informasi tambahan berupa angka-angka yang meliputi skala, proporsi adukan semen, luas, dan sebagainya.

Denah Rumah Sederhana 3 Kamar Tidur



Pengaturan ruangan yang terdapat pada denah seyogianya dibuat seefisien mungkin, karena lahan tanah pada rumah sederhana umumnya tidak begitu luas. Jika dibuat satu lantai, rumah sederhana yang terdiri dari 3 kamar tidur akan mengurangi luas bagian ruangan lainnya. Luas yang sangat mungkin dikurangi adalah ruang tengah. Dengan demikian, rumah sederhana yang terdiri dari 3 kamar tidur biasanya memiliki ruang tengah yang lebih kecil.   

Tentu, akan lebih leluasa jika rumah sederhana yang terdiri dari 3 kamar tidur didesain dalam bentuk 2 lantai, karena bisa membuat seluruh ruangan di dalam rumah menjadi lebih luas. Jika dibuat dalam 2 lantai, satu kamar utama bisa diposisikan di lantai bawah, dan dua kamar tidur yang merupakan kamar anak-anak dan/atau kamar tamu bisa diletakkan di lantai atas. Dengan demikian, ruang keluarga dan ruang makan akan lebih luas dan nyaman. 

Mengurangi Halaman

Jika rumah yang hendak dibangun merupakan bangunan satu lantai, namun tetap tak ingin mengurangi luas ruang tengah atau ruang keluarga, maka pembangunan rumah bisa mengambil luas tanah untuk bagian halaman rumah, sehingga halaman ini menjadi lebih kecil. 

Namun, dari beberapa pilihan itu, keputusan akhir mengenai desain ruang dalam denah rumah sederhana 3 kamar tidur tetaplah di tengah Anda.